Cara mengatasi Laptop/PC lemot dan berbunyi "TIT"

Assalamu'alaikum

saya akan berbagi ilmu dan pengalaman saya ketika menghadapi permasalahan pada PC/laptop. masalah ini membuat saya atau anda sangat stres menghadapinya, yaitu PC yang lemot dan berbunyi "tit", biasanya masalah ini di akibatkan oleh beberapa faktor yaitu : debu yang menempel pada kipas/heatsink, kotornya RAM, kotornya power suplly dan bisa juga di sebabkan oleh rusaknya hardisk/bad sector, faktu usia.

langsung saja kita ke cara mengatasinya.

PERTAMA : Siapkan alat dan bahan
1. koas
2. obeng yang sesuai dengan baud
3. Penghapus

MASALAH PADA RAM
1. Copot kabel power yang menempel di power suply, gunanya agar tidak ada aliran listrik yang masuk.
2. Buka case CPU
3. Lepas RAM
4. Bersihkan RAM di bagian bawahnya saja dengan menggunakan penghapus dengan cara menggesekan penghapus secara satu arah, (jangan membersihkan bagian pinggir yang berwarna kuning, cukup bawahnya saja).
5. pasang kembali RAM pada slotnya.
6. kemudian nyalakan kembali komputer anda.

MASALAH PADA HEATSINK/KIPAS YANG BERDEBU
Permasalahan ini cukup mudah untuk mengatasinya yaitu haya dengan cara membersihkan kipas/heatsing dengan menggunakan koas sampai bersih, jangan hanya kipas untuk processor saja yang di bersihkan, kipas pada VGA card juga sekalian dibersihkan. agar lebih mudah membersihkannya copot kipas/heatsik yang menempel di motherboard dengan menggunakan obeng lalu bersihkan debu menggunakan koas. jangan di tiup karena bisa membahayakan pada koputer anda apabila di tiup kemungkinan besar virus dari mulut anda akan menular menjadi virus trojan atau malware di komputer anda :D, apabila sudah bersih pasang kembali kipas/heatsing. Cara memasang heatsink berbeda dengan melepasnya apabila kita memasangnya ada baiknya memasang baudnya dengan cara zigzag contohnya kiri bawah terlebih dahulu kemudian disusul atas kanan dan seterusnya. apabila sudah selesai coba nyalakan kembali komputer anda.

MASALAH PADA POWER SUPPLY
Masalah ini bisa saja terjadi karena di dalam power suply banyak sekali debu. karena ketika saya menghadapi masalah ini saya juga membersihkan isi power suply saya yang berdebu. cukup dengan membuka case power supply kemudian bersihkan dengan menggunakan koas sampai bersih. INGAT JANGAN DI TIUP, selain itu bersihkan kipas yang ada di power supply sampai bersih kemudian pasang kembali case power supply. metode ini di butuhkan skill dan keberanian.

MASALAH PADA HARDISK
Masalah pada hardisk ini biasanya disebabkan oleh bad sector dan biasanya badsector ini di akibatkan oleh kurangnya kestabilan pada listrik/komputer sering mendadak mati. bisa juga di sebabkan oleh metode mematikan komputernya tidak teratur atau tidak menggunakan metode shutdown. bad sector bisa di atasi oleh beberapa software yang di hususkan untuk menghilangkan bad sector seperti HDD Regenerator, Ariolic Disk Scanner, Flobo Hardisk Repair, dan masih banyak lagi software untuk mengatasi bad sectors.

Berdasarkan pengalaman saya, saya menggunakan metode-metode diatas untuk mengatasi masalah PC lemot dan berbunyi "TIT", dan alhamdulillah pc saya kembali normal. silahkan di coba trik dan tips yang saya berikan.

Tidak ada komentar

berkomentar dengan bijak dan sopan

Seo Services